Minggu, 20 Mei 2012

MOTIVASI MASYARAKAT POLOBOGO KABUPATEN SEMARANG DALAM UPACARA KEMBANG KUNINGAN


Keywords: Upacara Kembang Kuningan, Upacara tradisional

Kebudayaan merupakan kegiatan dan karya manusia, yang berfungsi sangat besar bagi kehidupan manusia khususnya dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu kehadiran kebudayaan dengan berbagai macam bentuknya menjadi penting dalam kehidupan masyarakat, baik kebudayaan tradisional yang turun temurun maupun kebudayaan baru yang muncul akibat adanya pergeseran ataupun benturan antar peradaban. Kembang Kuningan merupakan upacara ritual yang masih rutin dilaksanakan masyarakat sampai saat ini, serta mempunyai tujuan dan maksud tertentu.

Untuk itu Upacara Kembang Kuningan menjadi menarik untuk diteliti. Adapun obyek penelitian yang dipilih adalah Upacara Kembang Kuningan di Desa Polobogo Kabupaten Semarang, yang melibatkan masyarakat Polobogo yaitu orang yang benar-benar mengetahui seluk-beluk Upacara Kembang Kuningan. Untuk itu
penelitian ini diberi judul “Motivasi Masyarakat Polobogo Kabupaten Semarang dalam Upacara Kembang Kuningan”.

Permasalahan yang muncul dari latar belakang di atas yaitu: Apa yang memotivasi masyarakat Polobogo Kabupaten Semarang dalam Pelaksanaan Upacara Kembang Kuningan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi masyarakat Polobogo Kabupaten Semarang dalam melaksanakan Upacara kembang Kuningan serta proses pelaksanaannya, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dalam bentuk penyajian deskriptif yaitu mencari data dengan intepretasi yang tepat.

Untuk menjawab permasalahan dalam skripsi ini digunakan pendekatan psikologis, yaitu memperoleh tentang aspek-aspek batin, pengalaman keagamaan, dan dinamikanya baik dari sudut pandang individu atau kelompok. Pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian akan dianalisis dengan metode induktif (yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaedah yang lebih luas) dan metode deduktif, yaitu metode yang bertitik tolak dari kesimpulan yang bersifat umum menuju kesimpulan yang bersifat khusus.

Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis diperoleh kesimpulan bahwa motivasi masyarakat Polobogo Kabupaten Semarang dalam melaksanakan Upacara Kembang Kuningan yaitu untuk mengirim doa kepada Kyai Soreng yang merupakan cikal-bakal dari Desa Polobogo, untuk mendapatkan keselamatan bagi desa dan keluarganya, untuk membantu sesamanya yang membutuhkan dengan mensedekahkan rezeki yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar